Sabtu, 06 Maret 2010

aspek ergonomis dan kesehatan manusia dalam berinteraksi dengan komputer

dalam menggunakan komputer ada aspek yang harus diperhatikan adapun aspek tersebut adalah:
1.pencahayaan/penerangan:
apapun bentuk cahaya penerangan yang digunakan haruslah cukup terang untukmenerangi huruf-huruf tulisan dan tidak membuat mata silau atau pedih.Umumnya ruang kerja sering menggunakan lampu neon karena cahayanya cukup terang dan efisien dalam pembiayaa.
untuk mengurangi ketajaman sinar yang memdihkan mata,perlu penerangan tambahan.Manfaat lainya chaya lampu utama bisa tersebar sementara penempatkan lampu tak langsung terang akan mengurangi ketegangan mata
2. Suhu Dan kualitas udara
selain untuk kenyamana siuser sendiri kualitas udara yang baik dibutuhkan juga untuk perangkat komputer karenanya diperlukan kualiatas pengotrol udara seminimal mungikin kipas angin.
3. Meja Dan kursi komputer
meja dan kursi komputer sebagia pertimbangan karena berpengaruh pada kenyaman kerja para pengguna komputer.Kelelahan kerja akan cepat sangat timbul apabila peletakan meja komputer kurang baik(tidak ergonomis).Kelelahan akan sangat berkurang bila, meja dan kursi komputer dapat diatur sedemikian rupa pada saat bekerja sudut antara tangan dan lengan membentuk sudut tumpul(lebih dari 90 derajat) sedangkan kaki dapat bersandar pada sandaran kaki dapat leluasa dibawah meja.
kursi yang baik adalah kursi yang dapat mengikuti lekuk punggung dan sandaranya(back rest) serta tingginya dapat diatur.Tinggi kursi adalah sedemikian rupa sehingga kaki user tidak tergantung pada saat duduk.
4. Efek penggunaan layar komputer
Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat kerja karena terlalu sering memfokuskan bola mata kelayar monitor.layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang 'panas' seperti merah,kuning, ungu, oranye, akan lebih cepat mengalami kelelahan pada mata. Selain itu seperti jendela, lampu penerangan dan lain sebagainya akan menambah beban mata.
berdasarkan hasil penelitian 77% para pemakai komputer akan mengalami kelelahan pada mata, mulai dari rasa pegal sampai iritasi berat yang dapat menimbulkan katarak pada mata.

read more

1 komentar:

tolong tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini
Terima kasih